Tuesday, November 12, 2019

Pengertian Teori Kinetik Gas

Mungkin kita tidak asing lagi dengan kata-kata kinetik. Lalu apa sih yang dimaksud kinetik itu? Kinetik identik dengan gerak. Jadi sesuatu yang bergerak sudah pasti dia memiliki energi kinetik. Lalu apa pengertian dari teori kinetik gas itu?. Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Teori kinetik gas merupakan penurunan dari hukum Boyle yang ditemukan oleh ilmuwan fisika yang bernama Daniel Bernoulli pada tahun 1783 dengan menerapkan hukum gerakan Newton pada molekul. 
Teori kinetik gas menjelaskan bahwa energi total gas berasal hanya dari sumbangan energi kinetik molekul-molekul penyusun gas tersebut. Ada tiga asumsi yang mendasari penjelasan ini yaitu
  • Gas tersusun dari molekul-molekul bermassa m dan berdiameter d yang bergerak terus menerus dan bergerak secara acak
  • Ukuran molekul gas dapat diabaikan karena diameternya yang sangat kecil jika dibandngkan dengan jarak rata-rata yang ditempuh saat tumbukan
  • Molekul-moleku gas bertumbukan lenting sempurna dan tidak berinteraksi satu sama lain
Gambar 1. Partikel dalam ruang yang sedang bertumbukan
 Berdasarkan gambar di atas, kita asumsikan bahwa partikel-partikel dalam gas ideal selalu bergerak serta tiap-tiap partikel bergerak dengan arah sembarang sehingga terjadi tumbukan antar masing-masing partikel. Tumbukan yang terjadi beruoa tumbukan lenting sempurna. Kita bisa lihat gerak dari partikel dalam ruang tertutup seperti berikut ini :





0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates